Referensi Cara Sehat dan kecantikan alami, Hiburan DP BBM

Monday, August 10, 2015

Manfaat Bunga Ekor Kucing untuk Pengobatan

Tanaman hias yang satu ini dapat memberi manfaat untuk kesehatan, yakni untuk mengobati berbagai penyakit. Tanaman hias tersebut adalah Bunga Ekor Kucing atau yang dikenal dengan bahasa latinnya Acalypha hispida Burm. f.. Tanaman Bunga ekor kucing ini di Indonesia banyak ditanam sebagai tanaman hias makanya disebutnya tanaman hias yang sering ditanam disekitar pekarangan rumah, disebut bunga ekor kucing karena bunga tanaman tersebut mirip sekali dengan ekor kucing.

Tanaman bunga ekor kucing dapat bermanfaat sebagai pengobatan alternatif yang mungkin belum banyak di ketahui oleh sebagian masyarakat luas, karena pengobatan ini masih bersifat turun temurun secara tradisional, adapun tanaman ini berguna untuk pengobatan dengan mengambil daun dan bunganya.

Manfaat untuk kesehatan yang bisa disembuhkan dengan bunga ekor kucing adalah untuk jenis penyakit seperti tukak (ulkus) dikaki, luka bakar, cacingan, mimisan, muntah darah dan berak darah, dengan memanfaatkan bunga ekor kucing. Sedangkan daun ekor kucing bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit seperti, Sariawan, luka berdarah, batuk berdarah, disentri, dan bercak putih pada kulit karena kehilangan pigmen.

Berikut ini tata cara penggunaan bunga ekor kucing untuk menyembuhkan penyakit :
  1. Muntah darah, penyakit ini dapat disembuhkan dengan menggunakan bunga ekor kucing segar beberapa helai, kemudian daun tersebut dikunyah dengan ditambah pinang putih, dan sedikit jahe, kencur dan daun pala segar masih muda. gunakan setiap hari. untuk bunga ekor kucing juga dengan memakan bunga ekor kucing segar ditambah dengan gula merah.
  2. Vitiligo, cara mengobatinya adalah ambil daun ekor kucing segar, cuci bersih tambahkan kencur setengah ibu jari, lembutkan bahan tersebut dan balurkan pada bercak putih, dan lakukan setiap hari.
  3. Luka berdarah, dapat disembuhkan dengan cara menutup luka dengan menggunakan daur segar yang telah dicuci, dan ditumbuk halus, tempelkan dan tutup dengan perban agar tidak berantakan.
  4. Untuk mengobati disentri, gunakan bunga ekor kucing sebanyak 30 gram dan cuci bersih, rebuslah sampai mendidih dan dinginkan, saring airnya dan minum setelah dingin.
  5. Radang usus, juga dapat disembuhkan dengan cara 20 gram bunga ekor kucing dicuci bersih dan rebus hingga air mendidih, saring dan dinginkan kemudian diminum setiap hari.
  6. Mengobati cacingan, caranya 15 gram bunga ekor kucing, cuci bersih dan rebus sampai mendidih dengan air secukupnya kemudian setelah dingin, saringlah dan minum setiap hari.

Nah, itu dia beberapa manfaat bunga aekor kucing untuk pengobatan tradisional. Semoga informasi bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Manfaat Bunga Ekor Kucing untuk Pengobatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mas Reno