Referensi Cara Sehat dan kecantikan alami, Hiburan DP BBM

Saturday, July 11, 2015

Manfaat Bunga Pagoda untuk Kesehatan

Banyak tanaman bunga yang mempunyai khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, bahkan dapat menyembuh penyakit secara alami dan tradisional. Salah satu bunga tanaman yang bermanfaat membantu menjaga kesehatan tubuh adalah tanaman bunga pagoda yang mempunyai nama Clerodedendrum Japonicum Sweet. 

Tanaman Bunga pagoda ini dapat kita ketemukan di sekitar kita, seperti pagar sebagai tanaman hias atau ada juga yang secara sengaja menanamnya di sekitar rumah untuk ramuan obat tradisional secara alami. Tanaman bunga pagoda diberi nama pagoda karena memiliki bentuk bunga yang berumpun, sehingga membentuk seperti piramid atau pagoda.

Manfaat bunga pagoda sbagai obat tradisional yang berkhasiat menyembuhkan kesehatan tubuh, adapun bagian tanaman yang dapat sebagai obat tradisional adalah akar, daun dan bunganya. Dan berikut manfaat bunga pagoda untuk mengobati berbagai penyakit, sehingga manfaat ini akan menambah pengetahuan buat anda tentang bahan bahan obat tradisional.

Manfaat Akar Bunga Pagoda

Khasiat akar tanaman bunga pagoda dapat membantu mengobati penyakit secara alami dan tradisional, seperti menghancurkan darah beku, menghilangkan bengkak, peluruh kencing atau diuretik, dan antiradang. Akar tanaman bunga pagoda mempunyai sifat dingin dan mempunyai rasa yang pahit.

Selain menyembuhkan beberapa penyakit diatas, manfaat akan tanaman bunga pagoda juga bermanfaat menyembuhkan penyakit akibat terbentur benda keras, memar atau bengkak, susah tidur atau insomnia, berak darah atau disentri, wasir berdarah atau hemaroid, tuberkulosis paru atau TB yang diserti batuk darah dan dapat mengobati sakit pinggang atau lumbago.

Daun dan Bunga Pagoda
Bunga pagoda dapat digunakan  sebagai obat seperti susah tidur atau insomnia, wasir berdarah, keputihan, dan penderita anemia, sedangkan daun tanaman pagoda berkhasiat menyembuhkan mengeluarkan nanah, dan sebagai anti radang. Bunga pagoda mempunyai rasa yang manis dan bersifat hangat sehingga berkhasiat sebagai sedatif dan hemostatis atau menghentikan pendarahan.

Berikut ini beberapa contoh manfaat bunga pagoda untuk kesehatan dan pengobatan tradisional:

Mengobati bisul dan koreng
Bagi anda yang sedang menderita bisulan, anda dapat memanfaatkan khasiat bunga pagoda ini untuk menyembuhkan bisulan anda, karena bunga pagoda mempunyai khasiat sebagai anti radang. caranya hanya dengan menggunakan daun dan bunga pagoda segar, cuci bersih dan tumbuh sampai benar benar halus, kemudian tambahkan sedikit madu, dan campurkan hingga merata, setelah itu baru tempelkan ramuan tersebut pada bisul. lakukan 3 kali sehari ganti untuk mempercepat penyembuhan bisul anda.

Mengobati susah tidur (insomnia)
Jika anda mengalami keluhan susah tidur, maka anda dapat menggunakan bunga pagoda sebagai solusi mengatasi keluhan susah tidur anda, caranya bunga pagoda kering secukupnya dijadikan bubuk atau serbuk, kemudian masukkan ke dalam sloki arak manis dan aduk agar merata, kemudian minumlah pada menjelang tidur.

Mengobati Wasir Berdarah
Cuci bersih 30 gram bunga pagoda dengan usus sapi. Bisa dijadikan sayur atau ditumis. Setelah matang, kuahnya diminum dan usus sapinya bisa dimakan sebagai lauk.

Selain bermanfaat sebagai tanaman hias, bunga pagoda juga memiliki khasiat sebagai tanaman obat. Jadi, kalau di pekarangan rumah anda terdapat kembang pagoda, jangan ditebang.

Manfaat Bunga Pagoda untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mas Reno