Referensi Cara Sehat dan kecantikan alami, Hiburan DP BBM

Sunday, July 12, 2015

Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan dan Pengobatan

Tanaman Bunga matahari seringkali menjadi tanaman hias yang enak dipandang mata, namun selain sebagai tanaman hias ternyata mempunyai fungsi sebagai tanaman herbal yang berguna untuk mengobati beberapa jenis penyakit secara alami dan tradisional, namun manfaat bunga matahari ini rupanya tidak banyak diketahui banyak orang.

Bunga matahari merupakan keluarga compositae dengan nama latin Helianthus annuus linn, tanaman bunga matahari sebagai obat tradisional dapat membantu menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti malaria, keputihan, batuk, bronkhitis, infeksi saluran kencing, campak, disentri, sulit melahirkan, radang,nyeri lambung, reumatik, nyeri menstruasi, sakit gigi, sakit kepala dan hipertensi.

Bunga matahari dapat menyembuhkan beberapa penyakit karena mempunyai kandungan kimia yang terdapat pada bunganya, seperti echinocystic acid, oleonalic acid, helianthoside (A,B,C) dan Quercimeritrin, selanjutnya dalam biji bunga matahari juga kaya akan kandungan penting yang bermanfaat untuk membantu kesehatan tubuh manusia seperti 3,4 benzopyrene, phytin, quinic acid, chlorogenic acid, prostaglandin, dan beta-sitosterol.

Manfaat Bunga Matahari
Tanaman bunga matahari dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit, baik dari akar sampai bunga matahari mempunyai  manfaat dan khasiat yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit. Dari bagian akar tanaman bunga matahari dapat membantu menyembuhkan penyakit seperti Keputihan atau leucorrhoe, batuk rejan atau pertussis, radang saluran pernapasan atau bronkhitis dan infeksi saluran kencing. Dari bagian bunga matahari bermanfaat untuk mengobati beberapa penyakit seperti sulit melahirkan, reumatik atau arthritis, radang atau mastitis, nyeri lambung atau gastric pain, nyeri menstruasi, sakit gigi, pusing dan sakit kepala.

Kemudian dari bahan biji bunga matahari dapat membantu anda untuk menyembuhkan penyakit disentri berdarah, campak sakit kepala dan menambah nafsu makan serta lesu. sedangkan dari bagian daun bunga matahari bermanfaat untuk mengobati penyakit malaria.

Berikut ini contoh pemanfaatan bunga matahari sebagai obat tradisional:



1. Mengobati Sakit Kepala
Jika anda mengalami sakit kepala, dan ingin mencari solusi obat herbal dengan memanfaatkan tanaman obat yang bisa menyembuhkan keluhan anda, coba saja Ambil 30 gram bunga matahari, cuci bersih dan rebus sambil ditambahkan satu butir telur ayam, rebus telur ayam tersebut jangan sampai pecah. rebusan saun matahari dengan air tiga gelas sampai air rebusan tinggal 0,5 gelas, minumlah air rebusan tersebut setelah makan, gunakan ramuan tersebut 2 kali sehari.

2. Mengobati Rematik
Dan jika anda mengalami penyakit reumatik yang sering menyerang, anda dapat memanfaatkan tangkai kepala bunga matahari, caranya adalah dengan merebus tangkai kepala bunga matahari hingga menjadi kanji, selanjutnya kanji tersebut tempelkan atau oleskan pada daerah yang mengalami sakit reumatik tersebut.

3. Mengobati Disentri
Selanjutnya bila anda mengalami disentri, anda juga bisa memanfaatkan biji bunga matahari sebanyak 30 gram yang diseduh dan buatlah menjadi tim selama 1 jam, setelah dingin anda bisa menambahkan gula dan minumlah, maka disentri anda akan sembuh segera.

4. Melancarkan buang air besar dan kecil
Jika Anda mengalami susah buang air besar ataupun susah buang air kecil, rebuslah 15-30 gram akar bunga matahari segar, kemudian minum airnya. Insya Alloh semuanya akan lancar kembali.

5. Infeksi saluran kencing
Rebus 30 gram akar bunga matahari segar. Sewaktu akan mendidih, segera diangkat dan minum selagi masih hangat.

PERHATIAN!!!
Wanita hamil dilarang meminum ramuan bunga matahari!

Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan dan Pengobatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mas Reno