Referensi Cara Sehat dan kecantikan alami, Hiburan DP BBM

Monday, June 29, 2015

Tips Mengatasi Gigi Ngilu Selama Puasa

Rasa ngilu pada gigi merupakan rasa yang cukup mengganggu saat kita melakukan konsumsi makanan atau minuman dingin, apalagi saat bulan puasa, dimana kita sedang enak enaknya menjalankan buka puasa. Untuk mengatasi permasalahan gigi ngilu saat menjalankan ibadah puasa, ada beberapa cara mudah sebagai solusi agar keluhan gigi ngilu tidak mengganggu jalannya ibadah puasa bulan ramadhan ini. Sebelum kita mengatasi permasalahannya perlu diketahui beberapa penyebab yang dapat menjadi penyebab gigi ngilu, seperti terbukanya dentin yakni lapisan gigi yang berada dibawah enamel, penurunan gigi, menipisnya enamel dan banyak lagi yang lainnya.

Masalah tersebut diatas dapat terjadi kapan saja dan oleh siapa saja dapat terjadi bila mengalami penyebab seperti diatas, akan tetapi kondisi sedang berpuasa seperti saat ini, gigi ngilu disebabkan oleh karena kondisi mulut kita yang kering karena sedang berpuasa, sehingga menjadikan produksi air liur dalam mulut menjadi sedikit.

Oleh karena itu terjadinya ngilu atau sensitif dapat terjadi karena seseorang sedang tidak melakukan makan dan minum dalam beberapa lama karena puasa, sehingga menyebabkan rongga mulut menjadi kering, karena tidak adanya air minum yang masuk ke mulut kita, hal inilah seperti menurut Jehezkiel Martua seorang marketing GSK Oral Care. lebih lanjut karena semakin berkurangnya aktifitas mengunyah dan minum mengalami kebiasaan yang berkurang, menjadikan air liur yang keluar juga semakin berkurang, sehingga menjadikan enamel yang terdapat pada gigi menjadi tidak efektif melindungi gigi, dan akhirnya timbullah rasa ngilu pada gigi.

Rasa ngili yang semakin menjadi akan terjadi bila gigi kita sedang mengkonsumsi makanan atau minuman yang asam, panas dan dingin, sehingga rasanya akan semakin tajam. Dan berikut ini ada beberapa tips mengatasi gigi ngilu atau sensitif, yang bisa anda terapkan saat anda menjalani ibadah puasa, sehingga keluhan ngilu anda akan hilang.

1. Mengatur Cara Makan dan Minum
Hendaknya anda bisa mengurangi makanan dan minuman yang mengandung soda, cuka, dan lemon selama berpuasa. Dengan cara mengkonsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung air di dalamnya pada saat berbuka, Memang sangat dianjurkan. Hal demikian karena mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung banyak air, Bisa meningkatkan produksi air liur saat anda berpuasa. Sehingga dapat mengurang risiko terkena rasa ngilu pada gigi anda.


2. Merawat Gigi dengan Tepat
Merawat gigi yang benar adalah dengan menggunakan beberapa cara sederhana dan alami seperti memilih sikat gigi yang lebih lembut, sehingga kesehatan gigi dan gusi akan tetap terjaga selalu. Lakukan dengan mengosok gigi dengan gerakan memutar karena gerakan tersebut merupakan gerakan yang tepat, agar gigi tidak mengalami terkikis lapisan enamelnya. Kemudian setelah menggunakan bulu sikat yang lembut dan tehnik menggosok yang benar, dapat disempurnakan dengan pasta gigi yang cocok dengan kondisi gigi yang sedang mengalami gigi sensitif, misalnya dengan menggunakan maouthwash yang banyak dianjurkan. Dengan ketiga langkah tersebut, maka lapisan enamel gigi anda tidak akan mudah terkikis, sehingga gigi tidak akan mengalami ngilu atau gigi sensitif.

3. Periksakan Gigi anda bila diperlukan
Memeriksakan gigi anda ke dokter gigi, Hal demikian ditujukan bagi anda untuk memastikan kondisi pada gigi yang anda miliki. Karena dari situ, Anda juga bisa menanyakan apakah pada gigi anda ada indikasi berlubang atau tidak, karang gigi, gigi bengkak yang bisa menyebabkan bau mulut dan lainnya. Dengan cara tersebut, Setidaknya semua permasalahan pada gigi anda bisa teratasi, Sehingga saat menjalani ibadah puasa bebas dari rasa ngilu yang mengganggu aktifitas anda.

Nah, itulah tips mengatasi gigi sensitif saat berbuka puasa yang dapat anda lakukan dengan mudah, sehingga dapat membantu keluhan menjadi hilang.

Tips Mengatasi Gigi Ngilu Selama Puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mas Reno