Referensi Cara Sehat dan kecantikan alami, Hiburan DP BBM

Saturday, June 27, 2015

Manfaat Kembang Turi untuk Kesehatan

Kembang atau bunga  Turi merupakan tanaman bunga yang biasa digunakan sebagai tanaman hias yang banyak di tanam di pekarangan sekitar rumah, bunga ini memiliki nama latin sesbania grandiflora dan termasuk famili Papilionaceae. Bunga  turi dikenal sejak dulu sebagai bunga yang memiliki berbagai khasiat untuk menyembuhkan penyakit tradisional. Ternyata dalam bunga turi memiliki kandungan senyawa yang dapat menyembuhkan penyakit seperti, tonik, perangsang muntah, pengelat atau astringen, pencahar, penurun panas atau anti piretik dan analgesik atau penghilang raasa sakit, manfaat bunga turi dapat dijadikan obat tradisional karena memiliki kandungan, zat warna, peroksidase, sulfur, calsium oksalat, resin, basorin, zantoagetin, egatin dan tanin, kandungan ini terdapat pada kulit batang tanaman bunga turi.

sedangkan pada daun tanaman turi mempunyai beberapa kandungan seperti Vitamin A dan B, peroksida, glikoside, tanin dan saponin, adapun khasiat daun tanaman turi ini berfungsi untuk peluruh kencing, pencahar ringan, penghilang rasa sakit dan mencairkan gumpalan darah.

Sedangkan bunya turi mempunyai kandungan Vitamin A dan B, zat gula, zat besi dan kalsium, khasiatnya dikenal mampu membantu sebagai penyejuk, pendahar dan melembutkan kulit yang kasar. dan berikut ini beberapa manfaat bunga turi untuk kesehatan dan pengobatan tradisional, lengkap dengan cara membuat ramuannya.

1. Mengobati Sariawan
Jika kita mengalami penyakit sariawan, bunga turi dapat membantu menyembuhkannya, cara meramunya adalah kulit batang bunga turi segar direbus sampai mendidih dan air rebusan dapat di minum, kemudian cara lainnya hanya dengan meremas remas kulit batang tanaman bunga turi ke dalam air bersih, selanjutnya air dapat digunakan untuk berkumur kumur, selesai deh.

2. Sakit Tenggorokan
Bila tadi kulit batangnya mampu membantu menyembuhkan sariawan, kali ini daun bunga turi, bermanfaat menyembuhkan sakit tenggorokan yang sering menganggu, caranya, gunakan daun bunga turi untuk diremas remas pada air matang, dan gunakan sebagai air untuk berkumur kumur sampai pada tenggorokan, nah rasakan bedanya dalam beberapa menit.

3. Radang tenggorokan
Bila anda mengalami radang tenggorokan, anda dapat memanfaatkan beberapa lembar daun turi, kemudian anda rebus daun tersebut dengan air secukupnya hingga mendidih, dinginkan dan saringlah, baru gunakan air rebusan untuk berkumur kumur sampai 4 kali dalam sehari, anda pasti akan segera sembuh.

4. Disentri dan berak darah
Kulit batang dari pohon turi yang bunganya merah sebesar ibu jari direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari.

5. Kuku Bengkak
Daun turi dapat menyembuhkan kuku jari bengkak akibat tersandung, caranya ambillah daun turi secukupnya dicuci bersih lalu haluskan dengan ditumbuk. setelah halus taruhlah tumbukan tersebut pada daerah yang sakit dan sekitarnya, lalu tutupi atau dibalut dengan kain kasa, maka sakit anda akan segera sembuh segera.

6. Mengobati Keputihan
Keputihan dapat terjadi pada setiap wanita, penyakit ini biasanya disebabkan oleh jamur yang dikenal dengan dengan jamur Candida, oleh karena itu untuk menyembuhkannya dapat menggunakan daun turi sebanyak segenggam daun turi putih ditambah dengan kunyit secukupnya, selanjutnya setelah kunyit dicuci bersih tumbuk sampai halus dan dapat ditambahkan 3/4 air minum secangkir, campurkan hingga rata dan saringlah sambil diperas, dan minumlah air remuan tersebut 2 kali sehari, niscara keputihan anda akan segera lenyap.

7. Mengobati Batuk
Mengobati batuk dapat memanfaatkan daun turi merah dan daun inggu, masing masing segenggam, kemudian cuci sampai bersih dan haluskan sampai halus, kemudian campurkan perasan jeruk nipis ambil airnya dan campurkan sampai rata. peras adukan ketiga bahan tersebut dan minumlah, maka batuk anda akan segera hilang.

8. Batuk Berdahak
Untuk mengatasi batuk berdahak tanaman bunga turi juga mempunyai khasiat menyembuhkannya caranya dengan ambillah akar tanaman bunga turi secukupnya, kemudian cuci bersih dan selanjut anda haluskan dengan menumbuknya, setelah halus anda dapat menambahkan dengan 1/2 cangkir air matang dan 1 sendok makan madu. Aduk rata, kemudian diperas dan minum airnya.

9. Demam Nifas
Bagi anda yang sedang mengalami demam nifas, anda bisa memanfaatkan daun turi dengan cara ambil daun turi secukupnya dan tumbuklah sampai halus, dan tambahkan 3/4 cangkir air matang dan sedikit garam, campur hingga merata semua dan saring airnya kemudian dapat anda minum untuk menghilangkan demam nifas tersebut.

10. Hidung berair dan Sakit Kepala
Jika anda mengalami hidung berair dan sakit kepala, maka anda bisa meramu ramuan tradisonla daun turi bersama bunga turidengan cara tumbuk sampai halus bunga turi dan daunnya segenggam dan tambahkan air matang setengah cangkir, campurkan hingga rata dan saring airnya dan minum segera.

11. Cacar air dan demam
Jika anak Anda mengalami demam karena cacar air, ambil kulit batang kembang turi sebesar ibu jari, kemudian direbus dengan air secukupnya. Setelah dingin airnya disaring, dan diminum.

12. Badan Pegal Linu
Ambil akar dari pohon turi berbunga yang merah secukupnya, digiling halus, tambahkan sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur. Gosokkan ramuan tersebut ke bagian badan yang sakit.

13. Menambah ASI
Bagi ibu menyusui yang susah keluar ASI atau keluarnya sedikit bisa diatasi dengan mengkonsumsi kembang turi. Caranya bisa menggunakan bunga turi putih atau daun turi muda yang dijadikan lalap lalu dimakan seperti makan lalapan biasa.

Nah, demikianlah beberapa manfaat kembang turi untuk kesehatan tubuh kita, ternyata selain berguna untuk tanaman hias, tanaman ini mempunyai manfaat yang baik untuk membantu kesehatan tubuh kita secara alamai. selamat mencoba.

Manfaat Kembang Turi untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mas Reno