Referensi Cara Sehat dan kecantikan alami, Hiburan DP BBM

Friday, June 12, 2015

Manfaat dan Khasiat Daun Pegagan (Antanan)

Tanaman pegagan dengan nama latin Centella Asiatica (Linn), di Indonesia tanaman ini disebut dengan tanaman kaki kuda atau antanan, tanaman ini juga digolongkan sebagai tanaman Umbelliferae. Tanaman pegagan mempunyai banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh, untuk membantu menyembuhkan penyakit, hanya diambil daunnya saja, dan daunnya pun berasa sejuk dan manis bila buat ramuan untuk obat tradisional secara turun temurun. Manfaat daun pegagan mempunyai efek farmakologi sebagai anti toxic, anti-infeksi, peluruh air seni dan penurun panas.

Menurut penelitian yang telah dilakukan ternyata daun pegagan mempunyai kandungan kimiawi yang terdiri carotenoids, centellos, meso-inositol, madasiatic acid, brahmic acid, brahminoside, brahmoside, madecassoside, isothankuniside, thankuniside, asiaticoside, garam mineral seperti eseperti, garam kalium, zat samak, vellarine, kalsium, besi, magnesium, natrium.

Manfaat Daun Pegagan untuk Pengobatan

Berikut ini yang perlu anda ketahui beberapa manfaat yang dapat disembuhkan dengan menggunakan daun pegagan sebagai ramuan obat tradisional yang telah berguna sejak lama.

Darah tinggi
Daun pegagan bermanfaat mengatasi hipertensi atau darah tinggi yang mungkin anda derita, caranya mudah, rebuslah 20 lembar daun pegagan sebanyak 3 gelas air putih, rebus hingga airnya tinggal 3/4 saja, setelah didinginkan, maka ramuan daun pegagan bisa anda gunakan sebagai obat penurun darah tinggi, lakukan dengan meminum ramuan minimal 3 kali sehari.

Demam
Jika anda atau keluarga anda sedang mengalami demam, anda bisa menggunakan daun pegagan sebagai ramuan yang ampuh menyembuhkan demam, caranya tumbuk daun pegagan hingga halus, jangan lupa untuk menambahkan segelas air dan garam sedikit, kemudian disaring ramuan tersebut, dan hasil saringan bisa anda minum setiap pagi sebelum makan.

Wasir
Untuk mengobati penyakit wasir menggunakan daun pegagan anda bisa menggunakan daun pegagan dengan memanfaatkan batang dan akar tanaman pegagan, caranya ambilah 5 batang dan akar pegagan, untuk mempermuda merebus potong potonglah kemudian anda rebus dengan cukup 2 gelas air sampai mendidih. lakukan dengan meminum ramuan rebusan tersebut secara rutin tiap hari selama wasir anda masih terasa sakit.

Bisul
Penyakit bisul yang dapat terjadi pada siapapun, untuk mengobati penyakit bisul tersebut, manfaatkan daun pegagan segar, cuci bersih sebanyak 30 - 60 gram untuk direbus sampai mendidih, kemudian tiriskan dan anda minum rebusan air daun pegagan tersebut. Cara lainnya dengan mencuci bersih kemudian melumat daun pegagan segar hingga halus, dan tempelkan lumatan tersebut pada daerah yang terasa sakit.

Batuk darah, muntah darah, mimisan
Untuk penyakit batuk batuk yang disertai dengan keluar darah, daun pegagan juga bisa membantu menyembuhkan, caranya dengan mengambil daun pegagan segar sebanyak 60 - 90 gram  kemudian direbus hingga mendidih , dan tiriskan airnya dan anda bisa meminumnya, lakukan beberapa hari secara rutin.

Mata merah, bengkak
Mata bengkak dan memerah dapat sembuh dengan cara ambil daun pegagan, kemudian cuci bersih lalu dilumat dan peras airnya sambil disaring airnya, dan teteskan ada maka yang sedang mengalami sakit, lakukan 3-4 kali sehari.

Batuk kering
Batuk kering dapat disembuhkan dengan menggunakan segenggam daun pegagan yang masih segar kemudian dilumat sampai halus, ambil airnya sambil disaring, untuk memperkuat khasiatnya anda bisa menambahkan gula batu dan air secukupnya, kemudian minum air ramuan tersebut, lakukan setiap hari secara rutin.

Menambah nafsu makan
Dengan segemgam daun pegagan, dan merebusnya menggunakan 2 gelas air hingga tinggal separonya, dan minum air rebusan tersebut, maka akan dapat meningkatkan nafsu makan anda.

Manfaat teh daun pegagan
Anda penyuka minuman teh? daun pegagan dapat di buat ramuan teh yang berkhasiat untuk membuat tubuh anda menjadi tenang, segar, bahkan juga dapat menurunkan panas, mimisan, obat cacingan dan juga batuk kering.

Manfaat lalap pegagan
Untuk membersihkan darah pada tukak berdarah, dan bisul, memperbaiki gangguan pencernaan dan memperbanyak empedu, merupakan manfaat dari daun pegagan dengan menyantapnya sebagai lalapan.

Susah kencing
Lumatkan daun pegagan dan tempelkan pada sekitar pusar, akan dapat membantu menyembuhkan susah buang air kecil.

Lepra
Penyakit lepra yang mungkin diderita bisa dibantu penyembuhannya dengan menggunakan daun pegagan sebanyak 3/4 genggam pegagan dicuci bersih, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 3/4 -nya. Saring, setelah dingin, airnya diminum sehari 3 kali 3/4 gelas.

Campak
Untuk mengobati penyakit campak, ambillah 60 -120 gram pegagan, cuci bersih lalu direbus. Kemudian air rebusannya diminum, lakukan secara rutin sampai campak sembuh.

Pembengkakan hati (liver)
Ambil 240 gram - 600 gram pegagan segar, kemudian direbus. Setelah dingin, air rebusannya minum secara rutin.

Oke, itu dia beberapa manfaat serta khasiat daun pegagan untuk pengobatan tradisional. Semoga informasi bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Manfaat dan Khasiat Daun Pegagan (Antanan) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mas Reno