Referensi Cara Sehat dan kecantikan alami, Hiburan DP BBM

Wednesday, May 13, 2015

Mengatasi masalah Telinga kemasukan air

Telinga kemasukan air adalah sebuah waktu yang benar-benar tak nyaman. Ya, memang jika ada benda asing masuk ke telinga tentu saja akan membuat tak nyaman, sebenarnya tak hanya telinga namun juga bagian tubuh yang lain. Contohnya saja jika ada makanan terselip di antara gigi Anda, itu juga tak nyaman bukan? Prinsipnya hampir sama.

Kondisi di mana air ini tak berada di tempat seharusnya memang tak terasa nyaman, dan menimbulkan gangguan yang amat sangat. Oleh karenanya, Anda harus mencari tahu bagaimana cara yang tepat untuk menyingkirkan air tersebut sesegera mungkin. Ini supaya Anda dapat beraktivitas normal lagi. Mari baca selengkapnya.

Cara Atasi Telinga Kemasukan Air

Penyebab telinga kemasukan air

Kondisi di mana air masuk ke dalam liang telinga Anda tentu bukan kemauan Anda, namun karena ketidaksengajaan. Memang mungkin terdengar aneh, namun kondisi ini sering terjadi, tak hanya pada anak-anak saja melainkan juga orang dewasa. Walaupun memang jika dibandingkan, keadaan seperti ini lebih sering dialami oleh anak kecil, itu karena anak kecil cenderung tak dapat diam ketika mereka dimandikan.

Yang menjadi penyebab kedua mengapa telinga bisa kemasukan air karena olahraga berenang. Ketika berenang, otomatis tubuh Anda hingga telinga semuanya terendam di dalam air. Begitu Anda melakukan gerakan renang, entah itu gaya apa, ada kemungkinan air bisa masuk ke telinga Anda, khususnya ketika berenang gaya bebas dan saat melakukan gerakan mengambil nafas. Saat ini merupakan saat paling rentan air masuk ke dalam rongga telinga Anda.

Apabila air masuk ke dalam telinga karena berenang, Anda harus waspada. Itu karena Anda tidak tahu bagaimana tingkat kebersihan dari kolam tersebut, apalagi kolam umum. Di mana banyak orang berenang di kolam yang sama. Anda sebaiknya mencari aman dengan segera mengeluarkan air tersebut, dibandingkan terjadi infeksi di telinga Anda.

Gangguan pada telinga karena kemasukan air

Umumnya memang air yang masuk telinga dapat dibiarkan saja, karena nanti akan menguap sendiri dan hilang. Tetapi beberapa kondisi dapat berbeda. Khususnya saat Anda mulai merasakan adanya gangguan pendengaran, maka Anda harus segera pergi ke dokter. Gangguan ini dapat terjadi jika kotoran mengembang di dalam telinga, karena air yang masuk dalam telinga tak menguap semuanya. Jika ini memang terjadi, maka Anda bisa menyembuhkannya dengan cara membuang kotoran dalam telinga Anda hingga benar-benar bersih.

Yang harus diwaspadai adalah ketika air tersebut sudah masuk gendang telinga. Kondisi ini memungkinkan dan juga dapat terjadi kepada Anda. Keadaan seperti ini mengakibatkan telinga pasien yang normal di bagian sampai dengan gendang telinga, namun gangguan menyerang ruangan kecil yang menjadi penghubung antara telinga ke saluran menuju organ hidung seseorang. Gangguan ini umumnya diakibatkan tekanan berubah dengan mendadak, misalnya saja saat Anda berada di dalam pesawat yang take off atau lepas landas.

Cara mengatasi masalah telinga yang kemasukan air adalah dengan melompat-lompat. Anda coba melompat layaknya orang sedang bermain skipping. Pakai telapak kaki ketika melompat kemudian mendarat memakai tumit, dengan melakukan ini niscaya air yang masuk di dalam telinga akan keluar. Namun kelemahan dari cara ini adalah cukup melelahkan, khususnya ketika air yang sudah masuk dalam telinga, sudah masuk lumayan dalam, sehingga cukup sulit untuk dikeluarkan lagi. Sekian artikel mengenai mengatasi masalah telinga kemasukan air, semoga bermanfaat.

Mengatasi masalah Telinga kemasukan air Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ambar Gunawan